Job Matching

Apa itu JOB MATCHING? Job Matching adalah bursa kerja atau pemasaran tamatan. Mungkin awalnya kata ini masih terdengar agak asing di telinga kita. Kalau biasanya yang sering kita dengar adalah Job Fair, lalu apa bedanya dengan Job Matching? Yup, sebetulnya kedua istilah ini pada umumnya sama saja, hanya yang membedakan adalah setiap perusahaan yang bergabung kebanyakan menyediakan recruitment untuk lulusan SMK sederajat.

JOB MATCHING diadakan di SMK ISLAM 1 BLITAR pada tanggal 1-2 Oktober tahun 2016 dengan diikuti oleh 40 lebih perusahaan. Acara ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Wakil Walikota Blitar, Bapak Santoso, di Aula SMK Islam 1 Blitar dengan dihadiri oleh perwakilan dari Dirjen PSMK dari Jakarta, panitia penyelenggara, dan perwakilan 43 perusahaan yang tergabung dalam acara Job Matching SMK Islam 1 Blitar. Acara ini diselenggarakan tidak hanya untuk lulusan SMK Islam 1 Blitar saja, melainkan untuk umum dan sifatnya gratis. Acara ini Acara yang berlangsung dengan meriah tersebut, menyedot animo masyarakat yang luar biasa. “Antusiasme masyarakat terhadap event ini sangat besar. Total pengunjung Job Matching selama 2 hari ini hampir 5000 orang yang datang dari segala penjuru dan tidak hanya dari Kota Blitar saja,” tutur Bu Faiza yang bertindak sebagai salah satu host acara waktu itu.

“Job Matching terselengara dengan dukungan Direktorat Kementrian Pendidikan di Jakarta, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Tenaga Kerja Kota Blitar, teman-teman bursa kerja dan guru-guru yang berpartisipasi aktif terhadap acara Job Matching,” ungkap Pak Rohman sebagai ketua pelaksana acara Job Matching tahun ini.

Keuntungan sekolah mengadakan Job Matching ini yakni sekolah semakin dekat dengan perusahaan-perusahaan dan sekolah memberikan kemudahan kepada siswa dan alumni. Setelah lulus kelas 12, bagi yang ingin bekerja, alumni dapat diarahkan oleh sekolah untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan sekolah. Jadi, Job Matching ini mempertemukan lulusan yang siap kerja dengan perusahaan yang mereka inginkan. Sekolah memfasilitasi antara alumni dengan perusahaan agar mendapat kemudahan masuk ke perusahaan tersebut.

Sekolah melaksanakan acara ini sebagai bentuk pelayanan sekolah terhadap lulusan bahwa sekolah juga mengupayakan supaya lulusan atau alumni yang ingin bekerja bisa mendapat kemudahan dari terselenggaranya acara JOB MATCHING ini.

“Rencana kedepannya untuk Job Matching ini berupaya untuk dijadikan agenda setiap tahun dengan mengajukan sponsor dan kerja sama Dinas Pendidikan di Pusat, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Blitar,” tegas Bapak H. Sholihin, kepala SMK Islam 1 Blitar, yang kru perspektif temui beberapa waktu lalu. (kill_fa)

Event Details

Sab 1 Okt 2016
07:00 am
Jl Musi No 6 Kota Blitar
0342 - 802137

Register Now