Pencak Silat SMK Islam 1 Blitar

Hai semuanya. Kalian semua past sudah tidak asing dengan silat. Seperti yang kita ketahui, silat adalah salah satu cabang olahraga dalam bidang bela diri yang merupakan budaya asli orang indonesia. Salah satu organisasi silat yang ada di indonesia adalah Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate atau sering disebut PSHT. Organisasi ini sudah banyak menyebar di seluruh penjuru nusantara dan sudah mencetak pendekar yang jumlahnya tidak bisa dihitung lagi. Selain mecetak pendekar, PSHT juga mencetak atlit pencak silat melalui kegiatan latian yang ada di sekolah atau ekstrakulikuler.

Di SMK Islam adalah salah satu dari sekian banyak sekolah yang mempunyai kegiatan ekskul pencak silat PSHT. Ekstra ini berawal dari adanya latihan silat PSHT di Desa Dawuhan. Selanjutnya, pada 2010 para pendekar PSHT melakukan kegiatan di SMK Islam sebagai ekskul untuk mencari anggota dan mencetak pendekar dan atlit baru. Ekskul Pencak Silat PSHT di SMK Islam mengadakam latihan setiap hari minggu di lapangan Basket SMK Islam. Ekskul ini memiliki visi melestarikan budaya bangsa Indonesia melalui seni bela diri pencak silat. Sedangkan misinya adalah mendidik manusia berbudi pekerti luhur tahu benar dan salah serta bisa menempatkan dirinya sebagai makhluk Tuhan.

Selain latihan biasa, SMK Islam juga sering dijadikan tempat latihan bersama PSHT Ranting Sukorejo Kepanjenkidul. Sekarang ekstra yang diketuai oleh Amirul Misbah Awabi, kelas XII L1 sudah berkembang dan sudah sering mengkuti kegiatan dan menorehkan prestasi di sekolah. Salah satu pendekar yang menorehkan prestasi yang sangat membanggakan adalah siswi SMK Islam yang bernama Wella Ningrum dari kelas XII TGB 1. Ia pernah menjuarai berbagai macam kejuaraan. Salah satunya adalah menjadi juara 1 pertandingan pencak silat se Jawa Bali yang diadakan di Ngawi. Selain itu, ia juga pernah menjadi juara 1 di turnamen pencak silat IAIN CUP yang diadakan di Universitas IAIN Tulungagung.

“Jenis Kelamin, usia, tinggi badan, berat badan bukanlah penghalang untuk berprestasi,” itulah yang menjadi motivasinya untuk tetap berprestasi. Meskipun ia adalah perempuan ia tak mau kalah dengan anak laki-laki untuk tetap berprestasi.

Event Details

Jl Musi No 6 Kota Blitar
0342 - 802137

Register Now