Media Pembelajaran Abad 21

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, proses penyampaian pesan dari sumber pesan, melalui saluran atau perantara tertentu, ke penerima pesan. Saat ini untuk membantu guru dalam menyampaikan pesan, membutuhkan alat bantu (sarana fisik). Harapannya tujuan pembelajaran dapan tercapai dengan tuntas.

Secara umum ciri-ciri media pembelajaran dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Ciri fiksatif (fixative property), kemampuan media pembelajaran untuk merekam, menyimpan, menampilkan, dan mengkonstruksi suatu peristiwa atau obyek.
2. Ciri manipulatif (manipulatif property), kejadian yang memerlukan waktu panjang (produksi berhari-hari) dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar atau time-lapse recording.
3. Ciri distributif (distributive property), memungkinkan suatu objek atau kejadian ditrasnspormasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada peserta didik dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian ini.

Secara umum terdapat 2 fungsi utama media pembelajaran yang perlu dieksplor oleh para guru, yaitu:
1. Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran
2. Media pembelajaran sebagai sumber belajar
Secara umum manfaat media dalam pembelajaran adalah memperlancar interaksi guru dengan peserta didik, dan membantu peserta didik belajar secara optimal, sebagai berikut:
1. Penyampaian materi ajar dapat diseragamkan
2. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik
3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
4. Waktu belajar mengajar lebih efisien
5. Kualitas belajar peserta didik dapat ditingkatkan
6. Proses pembelajaran dapat terjadi dimana saja dan kapan saja
7. Sikap positif peserta didik terhadap proses belajar dapat ditingkatkan
8. Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif
Secara umum, terdapat enam klasifikasi utama dari media pembelajaran yaitu :
1. Media teks: buku cetak, modul pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), e-book, webpages,
2. Media audio: compact disk, presenter live, podcast
3. Media visual: poster, wallchart, photo, gambar yang interactive whiteboard,
4. Media video: program video pembelajaran, DVD (Digital Versatile Disc), streaming video,
5. Media Manipulatif: mockup, trainning kit, berbagai bangun matematik, simulator.
6. Orang: dalam kenyataannya, orang sangat penting dalam belajar. Peserta didik di sekolah belajar dari guru dan teman lainnya, di masyarakat peserta didik belajar dari orang dewasa lainnya.
Secara umum, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi guru untuk memilih media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu :
1. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai,
2. Karakteristik peserta didik,
3. Karakteristik media yang akan dimanfaatkan,
4. Jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio atau visual),
5. Ketersediaan sumber setempat,
6. Efektifitas biaya dalam jangka waktu panjang.