Mengenal TPACK Sebagai Model Pembelajaran Baru

TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) merupakan sebuah framework (kerangka kerja) dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (ontologis).
Model Pembelajaran TPACK dilaksanakan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Dalam penelitian Luthfia Ulva Irmita (2017) bahwa menggunakan pendekatan TPACK dengan model discovery learning dapat digunakan khususnya pada materi laju reaksi kimia.
Berikut saya akan mencoba untuk menguraikan TPACK sebagai model Pembelajaran baru:
1. Technological, guru dituntut menguasai teknologi untuk kemudian digunakan sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Dalam model pembelajaran campuran (blended learning), pembelajaran tidak terfokus pada kegiatan tatap muka dikelas (face to face), tetapi menggunakan juga teknologi berbasis web (online learning) untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dikelas. Blended learning akhirnya menjadi model pembelajaran yang cukup efektif, suasana yang jenuh belajar dikelas dapat diatasi dengan kegiatan belajar yang menyenangkan dan interaktif secara online. Penggunaan teknologi yang berbasis web ini mungkin terbilang cukup mahal, karena membutuhkan perangkat elektronik seperti komputer, laptop ataupun smart phone.
2. Pedagogical, merupakan seni-seni dalam mengajar, mendesain kelengkapan instrumen-instrumen proses dan penilaian dalam pembelajaran. Tenaga pengajar dituntut juga memahami siswa secara psikologis dan biologis. Dalam pemikiran secara pedagogis ini , dihaapkan dapat membantu siswa dalam menemukan dirinya sendiri, minat, bakat serta karakternya.
3. Content Knowledge, merupakan elemen dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru sesuai disiplin keilmuannya. Guru dituntut untuk selalu mengupdate informasi terkini bidang keilmuannya. Update informasi yang dipublikasikan oleh lembaga-lembaga jurnal penelitian terpercaya.
Dalam perkembangan berikutnya, terdapat tambahan berupa aspek kepribadian (personality) pada kerangka kerja TPACK  yang akhirnya menjadi TPACK-P (technological, pedagogical, content knowledge-personality). Penguasaan teknologi, ketrampilan pedagogi, kompeten dalam disiplin keilmuan, yang dibungkus dengan kepribadian yang baik (good personality), adalah profil guru yang memberi secercah harapan dalam upaya transformasi peradaban yang lebih baik.