Mukadimah Sekolah

MUKADIMAH

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga website sekolah  ini berhasil terbit. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Sebagai salah satu wahana komunikasi sekolah, saya berharap website dapat menginspirasi seluruh warga sekolah untuk terus berproses dan melakukan yang terbaik hingga memeroleh hasil yang baik pula. Saya sangat mengapresiasi kru redaksi yang telah berproses dengan baik hingga menghasilkan website “Sekolah Kita” yang menyajikan liputan berbagai event penting dan prestasi yang telah diraih siswa di sekolah sehingga lebih mengenalkan SMK Islam 1 Blitar ke masyarakat luar.
Saya mengucapkan terima kasih kepada kru redaksi yang telah berusaha semaksimal mungkin demi terbitnya website  ini. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu guru pembina Ekstrakuriluer Jurnalistik dan semua pihak yang telah mendukung terbitnya website ini.
Harapan saya ke depan semoga website  tetap bisa terbit dengan kemasan penyajian yang semakin baik dan inovatif serta lebih bermanfaat untuk semua pihak. Teruslah berproses dan lakukan yang terbaik.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0

Program Keahlian

0

Jumlah Siswa

0

Pegawai & Karyawan

0

Tenaga Pengajar

SMK Islam 1 Blitar

Selayang Pandang

SMK Islam 1 Blitar adalah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Berada di pusat Kota Blitar dan jarak dari Kantor Walikota Blitar sekitar 1 km ke arah utara.
Akses jalan menuju lokasi SMK Islam 1 Blitar sangat mudah karena alamat sekolah, Jalan Musi Nomor 6 Blitar, hanya berjarak sekitar 100 m dari jalan provinsi (Jalan Anjasmoro) Jurusan Blitar–Malang.

Bangunan Gedung SMK Islam 1 Blitar berdiri di atas tanah milik sendiri/Yayasan Nahdlatul Ulama dengan luas tanah 18.901 m2. Terdapat dua kampus yang dijadikan sebagai tempat pembelajaran, yaitu Kampus I teori dan Kampus II praktik/bengkel. Secara garis besar, ruang belajar teori berjumlah 41 ruang sedangkan praktik/bengkel berjumlah 25 ruang.

Visi
Mewujudkan SMK Islam 1 Blitar menjadi sekolah yang mampu mencetak teknisi
yang profesional, beriman, bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia.
Misi

1. Melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi melalui pembelajaran dan penilaian berbasis kompetensi dan produksi.
2. Meningkatkan potensi peserta didik melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, kegiatan ekstra kurikuler dan pembinaan kedisiplinan agar menjadi tenaga kerja profesional sekaligus menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
3. Meningkatkan kuanttas dan kualitas sumber daya sekolah melalui peningkatan kualifkasi ijazah, sertfkasi kompetensi.

4. Mengembangkan dan meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.
5. Mewujudkan kultur sekolah yang bermartabat, ramah dan santun dalam suasana kekeluargaan.
6. Membangun kondisi sekolah yang tertb, aman, bersih, indah, nyaman, hijau, rindang dan sehat.
7. Mewujudkan unit produksi sekolah sebagai wahana pelathan berbasis
produksi dan kewirausahaan.
8. Berupaya meningkat kualitas pengelolaan sekolah dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001.

SMK Islam 1 Blitar didirikan pada tanggal 2 Januari 1968 oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Cabang Blitar. Sekolah ini berdiri diatas lahan 913 m2 yang berlokasi di Jalan Semeru Nomor 11 Blitar yang memiliki tiga jurusan yaitu (1) Jurusan Teknik Bangunan, (2) Jurusan Teknik Listrik, dan (3) Jurusan Teknik Mesin. Pada awalnya berdirinya SMK Islam 1 Blitar bernama STM NU Blitar (Sekolah Teknologi Menengah Nahdlatul Ulama) dengan membawa misi pengembangan Ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah).

Berdirinya STMNU Blitar, berawal dari adanya kebutuhan dan tuntutan masyarakat khususnya warga Nahdliyyin Blitar terhadap sekolah kejuruan. Maka untuk menjawab tuntutan warga Nahdliyyin tersebut, para Pemimpin NU Cabang Blitar dan LP. Ma’arif NU bersepakat mendirikan sekolah kejuruan (STM) dengan menunjuk beberapa orang pengurus NU dan Guru-guru yang mengerti sekolah kejuruan sebagai pendiri. lalu para pendiri
sepakat mendirikan STM NU Blitar.

Adapun tujuan berdirinya STM NU Blitar sebagai berikut; (1) untuk menampung lulusan SLTP, baik yang ada dilingkungan LP. Ma’arif NU maupun lainnya, (2) sebagai sarana mencetak tenaga-tenaga teknis yang bertaqwa kepada Allah SWT, yang mampu membangun dirinya dan bersama-sama orang lain membangun bangsanya, (3) sebagai sarana da’wah
terhadap anak didik, orang tua murid dan masyarakat, (4) sebagai amal nyata NU dalam rangka mensukseskan program pemerintah yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Sekolah kejuruan ini sudah beberapa kali mengalami perubahan nama; pada tahun 1971 STM NU berubah menjadi STM Islam Blitar dikarenakan situasi dan persoalan politik pada era tahun 70-an tidak menguntungkan bagi kelancaran bahkan kelangsungan proses pembelajaran di sekolah ini.

Kemudian pada era tahun 1995-an karena adanya kebijakan Pemerintah tentang perubahan nomenklatur sekolah-sekolah, maka STM Islam Blitar berubah lagi menjadi SMK Islam Blitar. Lalu diberi nomor urut satu pada SMK Islam 1 Blitar, karena lahirnya SMK Islam Wlingi yang diberi nomor urut dua yaitu SMK Islam 2 Wlingi Blitar.

Seiring dengan perkembangan STM Islam Blitar, sementara lokasi yang berada di Jalan Semeru Nomor 11 Blitar ditempati beberapa lembaga sekolah, disamping STM Islam juga ada SMP NU dan MTs. NU, maka pada tahun 1981 STM Islam Blitar pindah lokasi di Jalan Musi Nomor 6 Blitar dengan tujuan untuk pengembangan sekolah.

Read More

Tim

Apa yang orang lain katakan

Testimonial

Berita dan Informasi Terbaru

Pendidikan bukanlah milik mereka yang kaya, bukan pula kekuatan mereka yang cerdas. Pendidikan adalah milik mereka yang mau belajar, mencari kebenaran, menemukan kekuatan, dan membawa perubahan.

Partner kami